permainan matematika

permainan matematika

Apakah anda setuju dengan belajar sambil bermain anak lebih cepat faham?

Bermain Sambil belajar

BELAJAR MATEMATIKA

Banyak murid atau anak, yang bilang bahwa matematika itu sangat sulit, sukar, menakutkan, bosen dan menyebalkan. Namun kita sebagai orang tua atau sebagai pendidik tidak perlu putus asa atau bingung untuk mengajarkan murid / anak untuk belajar matematika lebih menyenangkan, yaitu dengan cara bermain. Bukan hanya itu saja buatlah suasana belajar yang menyenangkan dan manfatkanlah peralatan yang ada di lingkungan sekitar kita sebagai alat untuk mengajar matematika kepada anak/ siswa kita .

Pendidik maupun orang tua mulailah dari sekarang mengajarkan anak/ murid dengan menggunakan metode permainan lebih efektif , karena pada umumnya siswa /anak lebih suka bermain dibandingkan dengan belajar. Dengan bermain pun anak/siswa secara langsung belajar.

pendidik maupun orangtua tak perlu merasa kesulitan dalam mengajarkan anak matematika, sekarang sudah banyak permainan anak yang edukatif. permainan edukatif pun tidak perlu mahal, manfaatkanlah yang ada dilingkungan sekitar kita sebagai alat/ sumber belajar matematika anak.








Senin, 08 Maret 2010

Pentingnya Nilai Bermain Pada Anak

Imam Al- Ghazali berkata:" Hendaknya setelah pulang belajar mengaji untuk bermain dengan permainan yang bagus dan dapat menghilangkan kepenatan belajar mengaji mengingat anak-anak tidak akan capek dari bermain. Seandainya anak-anak dilarang bermain dan menyibukkannya selalu dengan belajar dapat mengakibatkan matinya hati, dan hilangnya kecerdasan , sehingga hidupnya akan terganggu dan mencari tipu daya untuk melepaskan diri dari hal tersebut.
Para Ahli Psikologi menekankan pentingnya nilai bermain pada anak
  1. Stimulasi, merangsang anak dalam berfikir dan beraktivitas
  2. Meningkatkan keterampilan dan koordinasi ( trampil dalam mengkoordinasi indra mereka)
  3. Mengekspresikan pikiran dan perasaan ( senang dan daya pikir terus berkembang)
  4. Mampu bersosialisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar